Tanda dan Tips Menjaga Usia Kehamilan 1 Bulan

Tanda dan Tips Menjaga Usia Kehamilan 1 Bulan

Memasuki usia kehamilan 1 bulan ini bunda akan mengalami banyak sekali perubahan dimana ini menjadi sebuah sinyal jika usia kehamilan bunda sudah masuk 1 bulan pertama. Beberapa gejala ini tentu sangat bisa dirasakan langsung antara lain misalkan:

Payudara menjadi sangat sensitif, kemudian bisa juga adanya rasa nyeri pada bagian payudara bunda ketika disentuh. Kemudian perubahan warna pada bagian kulit puting payudara akan berubah menjadi lebih coklat tua atau menghitam ini dikarenakan perubahan hormon pada tubuh bunda karena proses perkembangan janin yang semakin lengkap dari minggu  ke minggu.

Tanda Kehamilan 1 Bulan

Perubahan pada kelenjar susu. Hipersensitivitas kelenjar susu mungkin muncul. Beberapa ibu mengalami sensasi nyeri saat menyentuh payudara mereka. Yang lain memperhatikan bahwa pembuluh di kelenjar menjadi lebih terlihat melalui kulit. Selain itu, warna areola dan puting mulai berubah (berubah menjadi coklat tua), dan tuberkel pada puting susu bertambah besar.

Libido menurun, ya banyak ibu hamil pertama di bulan ke satu ini khasrat seksualnya akan menurun secara drastis, tapi ini tidak berlangsung lama bund, jangan khawatir karena pada trimester kedua nanti libido bunda akan naik drastis pada umumnya.

Sering ingin buang air kecil. Peningkatan kadar progesteron menyebabkan peningkatan aliran darah ke rahim dan penebalan lapisan dalamnya, yang berkontribusi pada keterikatan sel telur. Tapi ini juga menciptakan perasaan sesak dan menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil.

Peningkatan air liur, mual, dan muntah. Ini adalah gejala yang disebut mual di pagi hari, yang, meskipun kadang rasa mual ini tidak disertai dengan muntah namun akan terasa sangat menggangu sekali.

Kelelahan dan sering mengantuk. Pada minggu-minggu pertama setelah pembuahan, tidak selalu mudah untuk mempertahankan tingkat aktivitas yang sama. Sekarang anda membutuhkan lebih banyak energi untuk proses yang terjadi di tubuh anda. Rasa lelah bisa membuat anda mengantuk di sore hari.

Perubahan mood juga akan bunda rasakan seperti gampang marah, kemudian tersinggung dan lain sebagainya intinya tetap jaga pikiran poistif ya bund jangan sampai terbawa emosi.

Haid terlambat. Jika anda biasanya memiliki siklus yang teratur, maka penundaan mungkin merupakan tanda konsepsi yang cukup jelas. Jika siklus haid tidak terlalu stabil, gejala tambahan berupa sering buang air besar dan kecil kemudian rasa nyeri payudara yang meningkat dan mual akan memberikan indikasi bunda sudah postif hamil, maka segera USG dan pastikan kehamilan bunda jangan sesekali di tunda.

Menjaga Asupan Nutrisi Kehamilan Bulan Pertama

1. Makanan

Nutrisi alamiah selalu penting, dan terutama sekarang, baik untuk anda maupun bayi anda. Makanan yang mengandung vitamin dosis tinggi seperti telur, daging, produk olahan susu, sayur dan buah segar, biji-bijian, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak nabati harus menjadi menu andalan anda.

Jika anda belum pernah menjadi pecinta daging dan produk susu sebelumnya, ketahuilah bahwa sekarang anda memiliki kebutuhan khusus akan protein dan kalsium.

Hindari makanan olahan seperti makanan cepat saji, sosis, hot dog, kue kering. anda dapat mencari tahu tentang makanan apa yang diperbolehkan dan direkomendasikan untuk wanita hamil dari berbagai sumber.

2. Istirahat dengan teratur

Seringkali, wanita hamil membutuhkan lebih banyak tidur – sekitar 8 hingga 10 jam. Saat tidur, tubuh anda mulai bekerja lebih efisien, karena tidak membuang energi untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Suasana hati yang baik adalah kunci kesejahteraan anda dan perkembangan normal bayi di dalam kandungan.

Hindari mengangkat dan membawa benda berat. Aktivitas fisik dan olahraga untuk wanita hamil baik dan bisa anda coba seperti senam hamil, kemudian yoga, jalan kaki bisa anda lakukan, tetapi dengan aktivitas sedang sedang saja.

3. Vitamin untuk wanita hamil

Vitamin juga sangat penting, kalau anda USG rutin maka akan diberikan sama dokter. Vitamin yang penting untuk ibu hamil misalkan asam folat (atau vitamin B9), yang dapat mencegah malformasi tertentu, termasuk cacat tabung saraf.

Dianjurkan untuk mulai mengonsumsi asam folat beberapa minggu sebelum kehamilan, atau setidaknya saat tanda pertama hamilan. Berhenti minum alkohol, nikotin, dan kafein dosis tinggi. Jika tidak, risiko terhadap janin dengan pertumbuhan tidak maksimal bisa saja terjadi.

Hindari kemungkinan tubuh anda terpapar bahan kimia berbahaya, baik industri maupun rumah tangga. Menghirup uap bahan kimia berbahaya dikaitkan dengan gangguan perkembangan janin.

Parenting