Pengertian Pronoun Lengkap dengan Jenis dan Contohnya

Pengertian Pronoun Lengkap dengan Jenis dan Contohnya

Belajar bahasa asing berarti belajar pula mengenai struktur dan kelas katanya. Pronoun merupakan salah satu bagian dari part of speech yang berperan penting dalam kalimat. Lantas, apa saja jenis-jenis pronoun yang seringkali muncul dalam kalimat? Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel ini

Apa Itu Pronoun?

Bagi kamu yang sudah pernah belajar bahasa Indonesia materi kelas kata, pronoun bisa disandingkan maknanya dengan pronominal, yaitu kata ganti. Meskipun mungkin materi pronoun ini terhitung cukup mudah, namun terkadang masih ditemukan banyak kekeliruan penggunaan. Nah, agar pemahamanmu mengenai pronoun lebih sempurna, simak ulasan jenis-jenis pronoun di bawah ini!

  • Subject Pronoun

Pronoun ini berperan sebagai subjek dalam kalimat. Kata ganti ini bertugas sebagai pelaku tindakan. Kata ganti yang biasanya digunakan sebagai subject pronoun, yaitu I, you, we, they, she, he, it.

Contoh Kalimat: I just want to eat.

  • Object Pronoun

Jika subject pronoun menempatkan kata ganti pada bagian subjek. Maka, object pronoun menempatkan kata ganti pada bagian objek. Kata ganti object pronoun yang biasanya digunakan adalah me, us, them, him.

Contoh kalimat: Deren never let me go.

  • Possessive Adjective pronoun

Possessive adjective pronoun ini digunakan untuk menunjukan kepemilikan sesuatu. Penulisan kata ganti ini biasanya selalu diikuti dengan noun.

Contoh: Your hair is so beautiful.

  • Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan terhadap benda. Penggunaanya dalam kalimat biasanya didahului dengan kata benda yang akan dijadikan acuan kepemilikannya. Kata ganti yang biasanya digunakan dalam possessive pronoun adalah mine, yours, hers, his, ours, their.

Contoh: That’s phone is mine.

  • Reflexive Pronoun

Umumnya, kata ganti ini digunakan untuk merujuk diri sendiri. Kata ganti yang termasuk dalam reflexive pronoun adalah myself, yourself, herself, himself, dan itself.  Untuk pemberian kata ganti jamak, hanya perlu menambahkan huruf -s diakhir kata tersebut.

Contoh: She can take care of herself.

Penjelasan mengenai pronoun dan beberapa jenis pronoun di atas bisa menjadi bekal belajar bahasa asing khususnya untuk materi part of speech. Agar lebih menguasai pronoun, kamu bisa melatih pemahamanmu dengan sering menggunakannya.

Lifestyle