Mari Mengenal Apa Itu PMS Beserta Gejala dan Tanda-Tandanya

Mari Mengenal Apa Itu PMS Beserta Gejala dan Tanda-Tandanya

Seorang wanita, pasti akan mengalami menstruasi. Menstruasi ini menjadi salah satu tanda bahwa organ reproduksi wanita sudah mulai masuk ke tahap dewasa. Pada saat menjelang menstruasi ini, sebagian besar wanita akan mengalami yang namanya PMS atau Premenstrual Syndrome. Biasanya, pada fase ini wanita akan menjadi lebih sensitif dan mengalami berbagai gejala.

Lalu, sebenarnya apa itu PMS? Apakah itu termasuk penyakit atau hanya gejala biasa? Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda dapat simak informasinya di bawah ini.

Pengertian Premenstrual Syndrome (PMS)

PMS atau Premenstrual Syndrome merupakan satu kombinasi antara gejala emosional dan fisik pada wanita yang hadir beberapa saat sebelum haid atau menstruasi datang. Syndrome PMS ini muncul pada setelah lepasnya sel telur dari indung telur sampai menjelang menstruasi pertama datang.

Pada saat tersebut, wanita yang tidak hamil atau tidak dibuahi akan mengalami penurunan pada hormon progesteron dan estrogen dalam jumlah yang drastis. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 3 dari 4 wanita mengalami syndrome PMS ini minimal satu kali selama hidupnya. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebagian besar wanita yang mengalami PMS ini gejalanya ringan.

Wanita yang menderita PMS yang cukup parah jumlahnya hanya kurang dari lima persen saja. Keadaan tersebut dapat terjadi karena adanya gangguan dysphoric premenstrual. Wanita yang mengalami PMS ini umumnya adalah orang yang punya tingkat stress tinggi, pernah mengalami depresi pasca melahirkan, dan juga dari keluarga yang pernah mengalami depresi.

Gejala PMS yang dialami dapat semakin buruk seiring dengan bertambahnya usia. Wanita yang berusia 30-an, 40-an, dan yang mendekati menopause dapat menderita gejala PMS yang lebih berat.

Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Datangnya PMS biasanya memiliki gejala atau tanda yang muncul. Tanda dan gejala yang muncul tersebut dapat dirasakan secara emosional dan juga fisik. Berikut ini adalah beberapa gejala bersifat emosional dan fisik yang dialami wanita saat PMS datang.

  1. Gejala PMS Secara Emosional
  • Mudah lelah
  • Gampang marah
  • Susah tidur
  • Sulit konsentrasi
  • Mengalami kecemasan
  • Suasana hati berubah-ubah
  • Mudah menangis dan merasa sedih
  1. Gejala PMS Secara Fisik

Mengalami diare atau sembelit

  • Kram
  • Muncul banyak jerawat
  • Sakit punggung dan kepala
  • Perut kembung
  • Peka pada kebisingan dan cahaya

Apabila Anda merasa gejala dan tanda PMS di atas sudah mengganggu kegiatan dan aktivitas Anda sehari-hari, maka lebih baik segera lakukan konsultasi ke dokter.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang apa itu PMS beserta gejala dan tanda-tanda yang sering dialami. Pada umumnya, seseorang yang mengalami PMS akan merasakan sakit atau rasa kurang nyaman. Jika hal itu terjadi, Anda dapat menguranginya dengan banyak istirahat dan konsumsi makanan berkalsium. Apabila Anda ada ingin tahu lebih tentang menstruasi dan pembalut wanita, segera kunjungi charmgirlstalk.com.

Kesehatan