5 Cara Penerapan Keamanan Pangan Yang Mudah Dalam Keluarga

5 Cara Penerapan Keamanan Pangan Yang Mudah Dalam Keluarga

Siapa anak rantau yang kangen masakan ibu? Masakan ibu merupakan masakan yang nikmat didunia. Dimana beragam masakan tersebut menemani masa kecil kita hingga dewasa. Masakan ibu memang tidak selezat masakan yang dijual rumahan namun sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Terutama jika masakan favorit kita.

Tahukah kamu jika masakan ibu cenderung lebih sehat dibandingkan dengan masakan resto yang sering kita konsumsi? Masakan ibu cenderung lebih sehat. Hal ini dikarenakan masakan ibu terjamin bahan baku yang digunakan dan kebersihannya. Bahan baku yang digunakan ibu biasanya masih segar dan berkualitas baik. Bahan baku makanan tersebut juga bersih dan di olah dengan proses pemasakan yang higienis dibandingkan dengan masakan yang dijual diluar.

Alasan kesehatan itulah yang menjadikan masakan luar lebih enak dibandingkan dengan masakan ibu. Terlebih pada beberapa keluarga kegiatan pemberian penyedap maupun bahan tambahan pangan lainnya dibatasi. Sebab itu produk makanan yang dihasilkan merupakan makanan yang aman dikonsumsi dan sehat. Berbeda dengan produk makanan di luar yang menggunakan penyedap berlebih dalam meningkatkan cita rasa.

Jika anda akan menjadi ibu atau sedang menjadi ibu, kegiatan menyediakan makanan yang sehat dan berkualitas untuk keluarga anda adalah hal yang penting. Dimana anda dapat memberikan makanan berkualitas baik dari segi gizi dan kebersihan melalui masakan anda. Apabila anda tidak pandai memasak, tenang saja karena saat ini ada gadget yang akan membantu anda.

Dalam melakukan kegiatan memasak, anda perlu memperhatikan keamanan pangan (food safety) untuk menjamin kualitas masakan. Dimana kegiatan keamanan pangan (food safety) yang dilakukan cukup mudah dilakukan namun kerap diabaikan begitu saja oleh masyarakat. Kegiatan keamanan pangan (food safety) yang diterapkan dalam konsumsi makanan harian mampu meningkatkan imunitas tubuh dan juga mencegah ragam penyakit yang dapat terjadi.

Kegiatan penerapan keamanan pangan (food safety) dalam kegiatan memasak dapat dilakukan oleh beberapa kegiatan berikut :

  1. Memilih bahan makanan yang segar, tidak busuk, dan juga bersih
  2. Mencuci bahan makanan baik sayuran dan buah untuk menghilangkan kotoran dan pestisida
  3. Menyimpan bahan makanan dalam wadah bersih secara terpisah untuk menghindari kontaminasi
  4. Memasak bahan makanan hingga benar – benar matang untuk mematika bakteri merugikan dalam bahan makanan
  5. Menyajikan makanan secara berkala dan menyimpan sisanya dalam kulkas bersuhu 5oC

Kegiatan diatas merupakan beberapa contoh penerapan keamanan pangan (food safety) yang dapat anda lakukan dalam keluarga anda. Dimana hal ini akan menghindarkan keluarga anda dari sakit pencernaan yang kerap di alami keluarga anda. Selain itu anda juga mendukung sistem kekebalan tubuh anak yang terbentuk dengan konsumsi makanan bersih dan bernutrisi.

Lifestyle