5 Aturan Diet yang Sehat dengan Kopi

5 Aturan Diet yang Sehat dengan Kopi

Banyak orang menjalankan program diet dengan pola makan yang ketat dan olahraga. Namun, tidak jarang pula orang yang menjalankan hal tersebut tak kunjung berhasil. Mungkin Anda yang berencana menurunkan berat badan, bisa mencoba program diet sehat dengan konsumsi kopi. Kopi gula bisa menyebabkan obesitas kalau dikonsumsi berlebihan, maka sebaiknya Anda ketahui tips menurunkan berat badan dengan kopi juga.

Menurunkan berat badan dengan konsumsi kopi

Mencoba tips diet yang sehat dengan kopi tidak ada salahnya, kok. Anda bisa mencoba beberapa cara efektif dalam menurunkan berat badan berlebihan dengan kopi berikut :

1.  Memilih jenis kopi terbaik

Cara yang harus Anda terapkan pertama kali adalah memilih jenis kopi dengan roasting lebih ringan atau light roast. Kopi light rose memiliki kadar antioksidan polifenol yang lebih tinggi sehingga lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan kopi yang medium atau dark.

2.  Mengetahui aturan minum kopi

Para ahli kesehatan menyarankan batasan konsumsi kopi sekitar 3-4 cangkir saja setiap hari atau kandungan kafein hanya 400-500 miligram maksimal. Diet kopi tetap harus mempertimbangkan aspek kesehatan sehingga tidak menyebabkan masalah jantung berdebar, hipertensi dan lain-lain.

3.  Waktu terbaik minum kopi

Meski Anda tengah menjalankan diet, tetapi tidak boleh minum kopi pada jam malam hari yang bisa memicu insomnia. Apalagi Anda mengonsumsi kopi jenis robusta yang memiliki kadar kafein hingga 2 persen lebih, maka kesulitan tidur bisa mengganggu produktivitas harian. Sebaiknya minum kopi pada pukul 10 pagi dan 3 sore saja, ya!

4.  Pilih kopi hitam yang pahit saja

Konsumsi kopi gula tetap diperbolehkan asal dalam batasan wajar, tetapi Anda yang menjalankan program diet bisa memilih kopi pahit saja. Bisa memilih pemanis alami atau pemanis pengganti yang lebih aman untuk kesehatan seperti pemanis jagung atau stevia. Setidaknya Anda mengurangi konsumsi kopi dengan tambahan gula merah atau gula pasir putih yang miliki 300 kalori per 100 gramnya.

5.  Menambahkan kayu manis

Anda bisa mencoba tips menambahkan kayu manis ke dalam kopi untuk menambah tekstur rasa yang lezat. Hindari menambahkan susu atau krimer yang bisa membuat program diet Anda alami kegagalan.

Jika memang ingin membuat latte atau cappuccino sendiri, Anda bisa memilih tambahan susu yang lebih rendah lemak dibandingkan dengan krimer. Kalau bisa menghindari keduanya demi keberhasilan program diet, maka Anda lebih baik menahan diri dengan baik.

Beberapa cara menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kopi pahit dibandingkan kopi gula bisa Anda coba praktikkan sendiri, ya! Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat termasuk rutin melakukan olahraga agar Anda bisa berhasil menurunkan berat badan secara signifikan. Berat badan yang ideal bisa bermanfaat bagi kesehatan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri Anda kembali.

Lifestyle