4 Derajat Luka Bakar, Gejala, dan Cara Penanganan ala SehatQ.com

4 Derajat Luka Bakar, Gejala, dan Cara Penanganan ala SehatQ.com

Kulit terbakar disebabkan berbagai macam seperti terkena api, tersenggol benda panas hingga  paparan sinar matahari berlebih. Luka yang diakibatkan terbagi atas tiga derajat. Semakin tinggi derajatnya maka gejala yang dialami akan berbeda, begitu pula dengan cara mengatasinya. Pahami terlebih dahulu tentang derajat luka bakar berdasarkan kerusakan dan lokasinya.

1.      First Degree Burn

Derajat luka kebakaran paling dasar yang terjadi di bagian epidermis atau kulit  bagian terluar. Meski masih tergolong ringan, tapi menimbulkan gejala seperti kulit kemerahan, kulit terasa perih, membengkak akan tetapi tidak melepuh. Salah satu contoh grade pertama kebakaran yaitu terpapar sinar matahari terlalu lama. Jika terjadi secara terus menerus, pigmen kulit akan berubah menjadi lebih gelap.

Umumnya akan cepat sembuh tanpa perawatan khusus. Kira-kira 7-10 hari perawatan biasa di rumah, maka akan sembuh dengan sendirinya. Namun langsung konsultasikan ke dokter jika luka terjadi pada bagian wajah, lutut, bahu dengan panjang luka bakar mencapai 7 cm.

Penanganan awal yang bisa langsung diterapkan setelah kebakaran kulit yaitu merendam atau membiarkan kulit yang terbakar di air dingin kurang lebih 5 menit. Jangan gunakan air es karena dapat membuat kulit menjadi keras dan memperparah kondisi.  Jika muncul rasa nyeri di sekitar luka, bisa konsumsi paracetamol. Dapat juga dengan mengoleskan salep kandungan lidah  buaya untuk meringankan rasa tidak nyaman kulit.

2.      Second Degree Burn

Tingkat kebakaran kedua terjadi di daerah kulit lapisan tengah, atau lebih dalam dari epidermis. Gejala yang timbul berupa kemerahan pada kulit hingga melepuh dan terasa perih. Terkadang akan muncul gelembung berisi air di sekitar luka yang sewaktu-waktu dapat pecah dan menghadirkan rasa teramat perih.

Biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu untuk memulihkannya. Pun tidak bisa 100% seperti semula karena rusaknya pigmen kulit. Sehingga kondisi yang cukup parah, mengakibatkan kulit seakan mengelupas dan menyebabkan warna yang berbeda dengan kulit awalnya.

Cara mengatasi luka bakar tingkat kedua ini dengan cara langsung merendam air dingin saat terkena kebakaran selama 15 menit. Jangan gunakan air es untuk menghindari rusaknya permukaan kulit.

Dapat  mengonsumsi paracetamol sebagai pereda nyeri dan mengoleskan krim antibiotik sebagai penanganan kulit yang melepuh. Namun jika terjadi di bagian organ-organ vital, langsung dilarikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3.      Third Degree Burn

Tingkat luka akibat kebakaran paling parah. Gejala yang muncul seperti kulit tampak kehilangan warna aslinya seperti berwarna putih tulang, cokelat hingga menghitam. Namun kulit tidak melepuh karena area bakarnya lebih luas. Terkadang tidak merasakan sakit sama sekali karena syaraf yang mati akibat rusak terbakar.

Tidak dapat ditangani sendiri di rumah, jika mengalami tanda ini langsung larikan ke ruang gawat darurat. Saat di perjalanan menuju rumah sakit, dapat juga dengan meringankan gejala yang timbul. Caranya , posisikan luka yang terbakar di atas posisi jantung. Setelah diperiksa, dokter umumnya akan memberikan rekomendasi untuk dilakukan operasi.

4.      Luka Ringan, Sedang dan Berat

Tergolong ringan saat persentase luka kurang dari 2% luasnya kecuali daerah wajah, tangan, kemaluan, dan saluran pernapasan. Tergolong sedang dengan persentase di antara 2-10% luas kecuali di daerah yang sama dengan golongan ringan. Sedangkan luka berat jika menyeluruh serta adanya cedera pada saluran pernapasan, jaringan lunak hingga tulang.

Perhitungan derajat kebakaran menurut tenaga medis terbagi atas persentase sembilan per bagian tubuh. Luas luka dapat diukur dengan luasnya telapak tangan yang disamakan dengan 1%. Semakin berat luka yang dialami, dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya. Terutama jika menyentuh organ vital seperti mata, saluran pernapasan hingga alat kelamin. Kenali info penyakit yang timbul karena kebakaran di SehatQ beserta gejala yang timbul dan penanganan.

Kesehatan